Keistimewaan Batu Ruby

Warna apa yang spontan Anda kaitkan dengan cinta dan kelincahan, gairah dan kekuasaan?...... Sudah pasti jawabnya adalah warna Merah tentunya. Merah adalah warna cinta, merah memancarkan kehangatan dan rasa vitalitas yang kuat, dan merah juga merupakan warna ruby, rajanya batu permata. 
Selama ribuan tahun, ruby ​​telah dianggap sebagai salah satu batu permata paling berharga di Bumi. Ruby memiliki hampir semua aspek yang terdapat pada segala batu mulia antara lain warna yang megah, tingkat kekerasan baik dan kecemerlangan yang luar biasa. Selain itu, ruby adalah batu permata yang sangat langka, terutama dalam hal kualitas kehalusannya.

Hanya sedikit mengandung logam kromium
Ruby merah terbentuk dari mineral corundum, salah satu mineral yang paling langka di bumi. Korundum murni tidak berwarna, terdapat sedikit elemen seperti krom, zat besi, titanium atau vanadium adalah yang menyebabkan menjadi berwarna. Batu permata ruby ini memiliki kekerasan yang sangat baik. Ruby memiliki tingkat skala kekerasan kedua terbaik setelah berlian. Sebenarnay hanya korundum merahlah yang berhak untuk disebut ruby, dan semua warna yang lain dapat diklasifikasikan sebagai safir. Hubungan yang erat antara ruby ​​dan safir telah dikenal sejak awal abad ke-19, pada masa itu garnet merah atau spinel juga dianggap batu rubi.
Agak paradoks, sebenarnya elemen kromium yang terdapat dalam ruby yang menyebabkan kelangkaan ini. Jutaan tahun yang lalu, ketika batu permata yang terbentuk jauh di dalam inti bumi, krom adalah elemen yang memberikan ruby ​​warna yang indah, tetapi pada saat yang sama krom juga menyebabkan banyak celah dan retakan di dalam kristal. Dengan demikian hanya sedikit kristal ruby ​​bisa terbentuk dalam ukuran yang cukup besar dan mengkristal untuk membentuk batu permata yang sempurna. Untuk alasan inilah, rubi lebih dari 3 karat sangat jarang ada. Jadi tidak mengherankan apabila ruby dengan warna yang baik dan ukuran yang lebih besar harganya akan sangat mahal, melebihi bahkan sama dengan berlian dalam kategori yang sama.

Ruby-merah berarti gairah
Ruby-merah, Hal yang paling penting tentang batu mulia ini adalah warna. Ruby merah adalah mustika yang luar biasa, memancarkan kehangatan dan berapi-api. Dua unsur magis yang terdapat pada ruby dengan simbolisme warna api dan darah, menyiratkan kehangatan dan kehidupan bagi umat manusia. Jadi ruby-merah memang benar-benar murni memancarkan panas, penuh gairah, warna yang kuat. 

Penggunaan Ruby
Ruby adalah salah satu batu permata yang paling populer, dan digunakan secara luas dalam bentuk perhiasan. Ruby digunakan dalam segala bentuk perhiasan, termasuk gelang, kalung, cincin, dan anting-anting. Hal ini digunakan baik sebagai batu permata pusat dalam liontin dan cincin, serta batu sekunder untuk melengkapi batu permata lainnya seperti Diamonds.

No comments: