Batu Permata Mata Kucing (Chrysoberyl)

Sejarah Batu Permata Mata Kucing
Ditemukan pada tahun 1789 oleh ahli geologi terkenal Abraham Gottlob Werner, Chrysoberyl dianggap sebagai permata mata kucing asli, dan merupakan satu-satunya permata yang dapat diperdagangkan hanya sebagai "permata mata kucing." Semua varietas lain harus dicatat sebagai kuarsa mata kucing atau apatit mata kucing.
Kuarsa mata Kucing telah digunakan sebagai batu permata dan benda keagamaan lainnya selama ribuan tahun dan selalu dianggap membawa keberuntungan bagi pemakainya. Mata Kucing menjadi populer pada akhir abad ke-19.

Sifat Geologis Kuarsa Mata Kucing
Batu kuarsa mata kucing adalah variasi makrokristalin dari batuan mineral, mineral tunggal paling banyak di bumi. Efek mata kucing yang terlihat pada beberapa batu biasanya disebabkan oleh adanya inklusi mineral asbestiform (berserat) atau rongga mirip tabung dalam orientasi paralel dalam batu.
Batu permata mata kucing yang paling terkenal dan berharga adalah mata kucing chrysoberyl. Ketika istilah mata kucing digunakan sendiri dalam perdagangan permata, itu selalu mengacu pada mata kucing chrysoberyl. Semua jenis permata mata kucing lainnya membutuhkan penunjukan varietas tambahan, seperti kuarsa mata kucing atau apatit mata kucing. Mata kucing Chrysoberyl ditemukan di Sri Lanka, Brasil, India, Cina, dan Zimbabwe. Beberapa sumber penting lainnya termasuk India, Pakistan, Rusia, Tanzania, Madagaskar dan Amerika Serikat.

Batu permata mata kucing dibedakan oleh fenomena optik khusus mereka, yang dikenal sebagai chatoyancy, berasal dari bahasa Prancis yang mengatakan mata kucing ("oeil de chat"). Efek ini menyerupai celah mata kucing dan disebabkan oleh pantulan cahaya oleh serat paralel, jarum atau saluran di batu permata. Biasanya batu permata ini harus dipotong menjadi bentuk bulat atau oval, seperti cabochon, dengan alas sejajar dengan serat agar efek ini dapat ditampilkan sepenuhnya.

Atribut menarik lainnya yang ditampilkan Permata Mata Kucing Chrysoberyl adalah apa yang dikenal sebagai efek "susu dan madu". Ketika sumber cahaya diarahkan pada sisi batu, satu sisi mata akan berwarna seperti susu dan sisi yang berlawanan akan tetap emas. Saat batu diputar, warnanya berubah.
Batu permata Mata Kucing memiliki cahaya kekuningan , untuk kualitas/kelas terbaik, biasanya permata ini memiliki cahaya seperti garis pita putih.
Faktor paling penting untuk dipertimbangkan saat mengevaluasi Mata Kucing adalah kekuatan dan ketajaman mata. Mata batu harus memiliki garis halus yang melaluinya yang berbeda dan mudah dikenali. Kedalaman warna batu dan tingkat transparansi juga merupakan faktor penting dan sangat berdampak pada nilai batu itu. Karakteristik yang unik dan menakjubkan ini beserta kelangkaannya membuat Mata Kucing menjadi pilihan populer bagi para penikmat dan kolektor batu permata

Perawatan Batu Permata Mata Kucing
Permata mata kucing cukup tahan lama (pada 7 skala Mohs) untuk dibersihkan menggunakan pembersih ultrasonik. Hindari penggunaan pemutih dan pembersih rumah tangga yang keras lainnya dan pastikan untuk membilas batu dengan baik supaya memastikan semua residu sabun telah dihilangkan. Kuarsa mata kucing dapat menggores bahan yang lebih lunak/lembut, jadi simpan secara terpisah dari permata lain, terutama batu lunak seperti mutiara, pirus, atau perunggu.

Merancang perhiasan dengan batu Mata Kucing
Jika ingin merancang perhiasan atau hias yang mistis dan unik, batu permata mata kucing adalah pilihan yang sempurna. Karena kekerasan dan daya tahannya, chrysoberyl/permata mata kucing sangat populer untuk digunakan sebagai perhiasan pria, terutama dalam bentuk cincin cabochon. Pasangan yang cocok dan sangat ideal untuk anting, kancing baju dan kancing manset.
Campur manik-manik segi kuarsa mata kucing dengan batu permata alami lainnya seperti onyx, moonstone atau blackstone untuk hasil yang indah. Manik-manik kuarsa mata kucing juga dapat dikombinasikan dengan manik-manik mutiara kristal Swarovski yang memiliki warna bumi dan manik-manik kristal Swarovski untuk tampilan yang menakjubkan dari fenomena optik alami dan gemerlapan.

Kandungan Metafisik Kuarsa/batu Mata Kucing
Selain penampilannya yang menarik/mencolok, batu mata kucing juga dihargai karena kekuatan dan sifat metafisiknya yang kuat. Mengenakan permata mata kucing dipercaya dapat membantu menangkal kejahatan dan digunakan sebagai jimat untuk melindungi dari bahaya yang tidak terduga. Batu ini umumnya dikenal untuk mendatangkan kekayaan dan kemakmuran atau membantu untuk mendapatkan kembali kekayaannya yang hilang.
Permata mata kucing juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan mata, pemulihan dari kondisi pasca-trauma, menyembuhkan kanker, meningkatkan penglihatan malam, mengatur/mengontrol gula darah, meningkatkan mobilitas, meningkatkan intuisi dan untuk meningkatkan kemampuan psikis seseorang serta kekuatan dalam berkonsentrasi.

Batu permata mata kucing sangat cocok untuk dikenakan oleh mereka yang menghadapi kendala dalam bisnis, takut kecelakaan dan merasa putus asa dalam hidup. Nilai Positifnya Mata kucing ini membawa kekuatan, kecerahan, keberanian, kesenangan, kebahagiaan, kemakmuran dan menghilangkan air mata/kesedihan. Menghilangkan musuh dan membawa kemenangan atas mereka. Dapat menghilangkan penderitaan, kemiskinan, penyakit, bencana dan menyelamatkan dari roh jahat.

Cara Pengujian / Identifikasi keaslian Mata kucing: Jika batu permata mata kucing yang asli diletakkan di tempat gelap, maka akan kelihatan bersinar seperti mata kucing. Jika batu permata mata kucing yang asli digosok menggunakan kain, maka terlihat bertambah kecemerlangannya.
 
Tata cara dan prosedur untuk mengenakan, hari untuk memakai permata mata kucing sebaiknya dipakai pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. Waktu untuk mengenakannya yang terbaik adalah dua jam setelah matahari terbenam, atau di malam hari. Dikenakan pada jari tengah tengah tangan kanan. 


Perlu untuk diperhatian, bahwa sebuah batu permata Mata kucing yang cacat dapat menyebabkan masalah besar (negatif) bagi pemakainya. 

Horoskop Aries

ARIES (21 Maret-20 April) Kata kunci: Aksi Frase kunci: Saya Elemen: Api